Ketahui Tips untuk Menyembuhkan Luka Setelah Sunat

30 March, 2017

undefined

Ketika libur sekaolah telah tiba, biasanya dimanfaatkan oleh para pelajar untuk bepergian. Namun banyak pula dari mereka yang memanfaatkannya untuk menjalankan ritual khitan atau sunat.lalu bagaimana tips untuk menyembuhkan luka setelah sunat laser?

Mengapa mereka mengambil waktu saat libur sekolah tiba? Hal itu dikarenakan agar saat kembali ke sekolah mereka sudah dalam keadaan selesai di khitan serta sudah sembuh total sehingga dapat bermain dan beraktifitas seperti biasanya.

Terdapat beberapa mitos yang beredar di masyarakat bahwa jika setelah melakukan sunat atau khitan, maka supaya memakan tahu dan tempe saja, mitos tersebut sudah berlangsung sejak lama bahkan pada era sekarang ini ada beberapa orang tua yang masih percaya dengan mitos-mitos tersebut seperti terhindar dari penyakit raja singa.

Menurut penelitian, anak-anak yang telah melakukan khitan atau sunat tidak ada pantangan untuk mengkonsumsi makanan tertentu, selama makanan tersebut bergizi serta mengandung banyak protein, maka akan sangat bagus untuk proses penyembuhan luka setelah khitan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyembuhkan luka setelah sunat:

Menjaga kelamin dari segala sentuhan

Dikarenakan kondisi kelamin yang masih luka, sebaiknya Anda menggunakan penutup kain yang lebar seperti sarung atau kain jenis yang lain. Anda dapat juga melindungi kelamin Anda dengan cara menggunakan botol bekas air mineral yang telah dipotong ujungnya, sehingga membuat lubang bagian kanan dan kirinya pada saat kunjungan klinik, setelah itu masukkan kemaluan pada salah satu lubang botol, kemudian bagian yang menempel pada badan direkatkan menggunakan solasi atau perekat lain yang aman sehingga melindungi kelamin Anda dari segala gesekan.

Mengatur pola makan

Bagi anak yang telah melakukan sunat atau khitan tidak ada pantangan untuk makanan yang harus dikonsumsi, namun dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein untuk membantu proses penyembuhan luka.

Tidak perlu berlebihan

Saat menunggu proses penyembuha setelah sunat, Anda tidak perlu mengambil sikap yang terlalu berlebihan dengan membeli obat yang terlalu banyak, sebab dengan obat yang telah diberikan oleh dokter sudah cukup.

Jangan terlalu aktif bergerak

Bagi Anda yang baru saja sunat atau khitan, alangkah baiknya jangan terlalu banyak bergerak untuk menghindari bengkak akibat benturan yang terjadi antara penis dengan daerah sekitar penis.

Kontrol selalu kelamin yang telah disunat dan agar jangan diperban

Alat kelamin yang disunat alangkah baiknya selalu diperhatikan dan dikontrol kebersihannya. Dianjurkan untuk tidak dilakukannya perban pada alat kelamin yang telah di sunat agar mendapatkan udara yang lebih banyak sehingga luka dapat lebih cepat mengering

Bersihkan daerah sekitar alat kelamin

Pada umumnya setelah di sunat, pada alat kelamin terdapat banyak darah kering atau kotoran lain yang masih menempel pada daerah sekitar kelamin. Bersihkanlah secara hati-hati, jangan sampai menyentuh alat kelamin Anda. Selalu gunakan kain halus serta sedikit air untuk membersihkannya.

Itulah beberapa tips untuk menyembuhkan luka setelah sunat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat membaca.

Apa itu Penyakit Sifilis atau Raja Singa?

17 February, 2017

Pengertian Sifilis

penyakit sifilisSifilis atau “raja singa”. Penyakit kelamin ini sangat berbahaya dan ditularkan melalui hubungan seksual atau penggunaan barang-barang dari orang yang tertular seperti baju, handuk, dan alat jarum suntik. Penyebab timbulnya penyakit ini adalah kuman atau bakteri yang bernama Treponema Pallidum, seperti apa itu herpes, kita perlu waspadai. Kuman ini akan menyerang organ-organ yang penting dalam tubuh lainnya seperti selaput lendir, anus, bibir, lidah dan mulut

Gejala-gejala umum yang biasanya ditimbulkan oleh penyakit sifilis adalah adanya luka yang jumlahnya hanya satu berbentuk bulat atau lonjong, dengan dasar bersih, kalau kita diraba ada yang kenyal bahkan sampai keras, tidak adanya rasa sakit atau nyeri pada penekanan. Dapat mengakibatkan Kelenjar getah bening di lipat paha bagian dalam membesar, kenyal, juga tidak nyeri pada penekanan.

Kuman atau bakteri dapat menyerang otak, dan orang yang terserang akan mengalami gangguan kejiwaan atau gila. Jika yang diserang bagian sumsum tulang belakang, orang tersebut akan mengalami kelumpuhan, kemunduran kerja jantung, dan kerusakan jaringan susunan saraf, dan masih banyak lagi kerusakan-kerusakan lainnya. Begitu seterusnya, karena kuman-kuman tadi dapat menyerang bagian tubuh manapun tanpa memandang siapa orangnya. Resiko paling fatal penyakit ini dapat mengakibatkan kematian, oleh karena itu segera kunjungi klinik terdekat.

Untuk gejala yang lebih khusus, Penularan dan gejala yang terlihat dibagi menjadi 4 bagian yang berbeda- beda tentunya, antara lain adalah:

  • Tingkat I Penularan dapat terdeteksi sekitar 10-90 hari setelah melakukan hubungan badan
  • Gejala yang terlihat adalah adanya luka kecil bernanah disertai rasa sakit yang amat sangat dan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening yang mengeras disekitar luka seperti lipatan-lipatan pada paha.
  • Tingkat II Terjadi sekitar 40 hari setelah masuk pada tingkat 1. Gejala yang terlihat adalah adanya luka-luka kecil berwarna merah di sekitar permukaan kulit, dari kulit kepala hingga telapak tangan dan kaki. Luka-luka ini timbul karena kuman telah menyebar melalui peredaran darah.
  • Gejala lainnya adalah keluhan sakit tenggorokan, pusing, lesu, nyeri otot, terjadi kerontokan rambut.

Pencegahan Sifilis

  • Berpantang dari kontak fisik intim dengan orang yang terinfeksi secara efektif mengurangi penularan sifilis, seperti penggunaan yang tepat dari kontrasepsi atau kondom. Namun, penggunaan kondom namun pemakaian alat kondom tidak selamanya bisa mengurangi resiko
  • Hubungan jangka panjang dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi dan menghindari zat seperti alkohol dan zat terlarang lainnya yang dapat meningkatkan risiko.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sifilis yang selanjutnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau imun tubuh, sebab jika daya tahan tubuh kurang melindungi tubuh bisa terinfeksi Penyakit dengan mudah
  • Mengurangi pemakaian toilet umum, mencegah sipilis dengan menghindari pemakaian toilet umum pun sangatlah efektif
  • Jauhi narkoba, karena salah satu penularan sipilis adalah bisa dari pemakain narkoba terutama pemakaian alat jarum suntik
  • Pola hidup sehat harus diutamakan dan memakan makanan yang sehat dan bergizi

Jenis Penyakit Kelamin

17 February, 2017

undefined

Seperti yang kita ketahui dan kita dengar selama ini penyakit jenis kelamin adalah suatu penyakit yang sangat membahayakan dan dapat dengan mudah menular melalui hubungan badan dengan cara berganti- ganti pasangan Hampir seluruh penyakit kelamin yang dialami seseorang akan beresiko tinggi dan dapat mengakibatkan kematian bagi seseorang yang menderita penyakit kelamin. Apalagi jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit kelamin semakin hari semakin mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Jenis- jenis penyakit kelamin dibawah ini:

Kencing Nanah

Penyakit ini salah satu jenis penyakit kelamin menular yang biasa di kenal dengan sebutan Kencing nanah dengan ilmiahnya “Gonorrhoeae” perlu anda ketahui bahwa penyakit kencing nanah ini adalah penyakit yang mematikan dan sudah banyak merenggut banyak jiwa. Penyakit kencing nanah ini disebabkan oleh kuman yang bernama Neisseria gonorrhoeae dan kuman ini akan menimbulkan infeksi atau radang pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti pada lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum atau anggota tubuh lain yang bukan merupakan organ reproduksi seperti tenggorokan dan mata. Ada perbedaan gejala penyakit jenis kelamin ini pada pria dan wanita. Pada pria mereka akan merasa kesakitan ketika akan buang air kecil karena disertai keluarnya nanah pada alat kelaminnya. Sedangkan pada wanita, dalam waktu 7 sampai dengan 21 hari sesudah kuman atau bakteri tersebut menginfeksi.

Sifilis

Penyakit ini adalah jenis penyakit kelamin yang menular, sangat berbahaya dibandingkan dengan penyaki nanah. Penyakit ini beresiko sangatlah besar terhadap fungsi otak penderita diakibatkan oleh kuman yang bernama Treponema Pallidum dan banyak terjadi akibat melakukan hubungan badan atau seksual secara tidak sehat. Kuman akan masuk ke dalam tubuh dengan hitungan detik saja akan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Sangatlah penting untuk diketahui bahwa jenis penyakit kelamin ini sangat berbahaya bagi wanita yang hamil karena kuman ini dapat mengancam bayi untuk lahir dengan kondisi cacat fisik.

Herpes Genital

Herpes Genital adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang menular dan ini adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Herpes Simplex. Ini dapat tertular atau terjangkit melalui hubungan badan baik melalui Vaginal, anal atau Oral. Gejala awal yang dialami oleh penderita hanya merasakan gatal dan kesemutan, tapi setelah hal tersebut tidak ditangani atau diperiksakan ke dokter pada gejala awal apa itu herpes akan muncul kemerahan yang membentuk sebuah bercak, bercak ini semakin lama akan membentuk lingkaran merah.

Klamidia

Adalah penyakit jenis kelamin yang satu ini disebabkan oleh kuman yang bernama Chlamydia Trachomatis yang memiliki gejala awal yang sangat mirip dengan penyakit kencing nanah, tidak selamanya terjadi pada penderita, namun sebagian besar pasien penyakit ini mengakui kalau gejala yang dirasakan sangat mirip dengan penyakit kencing nanah. Untungnya penyakit jenis kelamin ini termasuk penyakit yang mudah untuk disembuhkan, terlebih apabila segera ditangani ketika penyakit ini sudah anda rasakan dari awal.

Kutil Kelamin dan HPV

Virus Human papillomavirus atau HPV adalah virus yang sangat mudah menular dan terdapat kutil pada alat kelamin dan dapat meningkatkan resiko penyakit Serviks atau yang kita ketahui sebagai kanker serviks. Dan apabila ini terjadi atau diagnosa dokter anda sudah terjangkit penyakit jenis kelamin ini, sudah tentu anda harus memeriksakan atau mendapat penanganan yang cukup memakan waktu yang lama.

Vaginitis

Penyakit jenis kelamin ini adalah salah satu termasuk penyakit infeksi atau peradangan pada vagina. Ini dapat menyebabkan rasa gatal dan seperti pada vagina, perubahan keputihan dan kadang terasa nyeri apabila melakukan hubungan badan.

HIV / AIDS

Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) jenis penyakit kelamin yang sangat kronis, kondisi dimana yang berpotensi dapat mengancam jiwa yang disebabkan oleh virus human immunodeficiency (HIV). Dengan merusak kekebalan dalam tubuh, HIV dapat mengganggu kemampuan pada tubuh untuk melawan organ tubuh yang menyebabkan penyakit.

Trikomoniasis

Adalah jenis penyakit kelamin yang dapat menular atau (PMS) penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal atau perih bahkan mengeluarkan cairan yang berbau tidak sedap dari bagian vagina. Penyakit ini bisa menyerang pada pria dan wanita, tetapi wanita yang lebih gampang untuk tertular. Pria juga dapat terjangkit penyakit ini, biasanya menularkan pada pasangan melalui hubungan badan atau intim.

Apa Penyebab Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)?

16 February, 2017

undefined

Hipotensi adalah tekanan darah rendah. Darah Anda mengalir pada arteri berbarengan dengan setiap detak jantung. Saat darah mengalir darah memberi tekanan terhadap dinding arteri atau disebut dengan tekanan darah.

Tekanan darah rendah adalah kondisi yang baik dalam banyak kasus. Tapi penurunan pada tekanan darah terkadang bisa membuat Anda merasa lelah atau pusing. Pada kasus ini, hipotensi dapat menjadi tanda kondisi mendasar yang harus ditangani.

Tekanan darah diukur ketika jantung Anda berdetak, dan pada jeda antara detak jantung. Pengukuran darah saat menekan melalui arteri ketika ventrikel memompa darah dari jantung disebut tekanan sistolik atau sistol. Pengukuran untuk periode istirahat disebut tekanan diastolik, atau diastole.

Sistol memasok tubuh Anda dengan darah, dan diastole memasok hati Anda dengan darah dengan mengisi arteri koroner. Tekanan darah ditulis dengan angka sistolik di atas nomor diastolik. Hipotensi pada orang dewasa didefinisikan sebagai tekanan darah 90/60 atau lebih rendah.

Apa Penyebab Hipotensi?

Tekanan darah semua orang bisa berubah sepanjang hari, dan sering tidak menimbulkan gejala nyata. Kondisi hipotensi tertentu dapat menyebabkan menstruasi berkepanjangan yang dapat menjadi berbahaya jika tidak ditangani. Kondisi lainnya termasuk:

  • Kehamilan, karena meningkatnya kebutuhan darah dari ibu dan janin yang berkembang.
  • Kehilangan darah dalam jumlah besar karena cedera
  • Gangguan sirkulasi yang disebabkan oleh serangan jantung atau katup jantung yang rusak
  • Kelemahan dan keadaan shock yang kadang menyertai dehidrasi
  • Shock anafilaksis, bentuk parah dari reaksi alergi
  • Infeksi aliran darah
  • Gangguan endokrin seperti diabetes, insufisiensi adrenal, dan penyakit tiroid

Obat mungkin juga menyebabkan penurunan tekanan darah. Penyebab paling umum adalah Beta-blocker dan nitrogliserin, digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Diuretik, antidepresan trisiklik, dan obat-obatan disfungsi ereksi juga dapat menyebabkan hipotensi.

Beberapa orang memiliki tekanan darah rendah untuk alasan yang tidak diketahui. Bentuk dari hipotensi, yang disebut hipotensi tanpa gejala kronis, biasanya tidak berbahaya.

Jenis Hipotensi

Kondisi penurunan tekanan darah dibagi menjadi beberapa klasifikasi yang berbeda sesuai dengan saat tekanan darah Anda turun.

Ortostatik. Hipotensi Ortostatik adalah penurunan tekanan darah yang terjadi ketika Anda transisi dari duduk atau berbaring ke berdiri. Hal ini sering terjadi pada orang dari segala usia.

Tubuh menyesuaikan dengan perubahan posisi mungkin anda mengalami pusing yang singkat.juga disebut oleh beberapa orang sebut sebagai "melihat bintang" ketika mereka bangun.

Postprandial. Hipotensi Postprandial adalah penurunan tekanan darah yang terjadi tepat setelah makan. Ini adalah jenis hipotensi ortostatik. Orang dewasa yang lebih tua, terutama mereka dengan penyakit Parkinson, lebih mungkin untuk mengembangkan hipotensi postprandial.

Dimediasi Neural. Hipotensi Dimediasi Neural yang terjadi setelah Anda berdiri untuk waktu yang lama. Anak-anak mengalami bentuk hipotensi lebih sering daripada orang dewasa. Peristiwa Emosional atau rasa kesal juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah jenis ini.

Akut. Hipotensi Akut terkait dengan kehilangan darah tiba tiba. Syok terjadi ketika organ Anda tidak mendapatkan darah dan oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik. Hipotensi akut dapat mengancam jiwa jika tidak segera diobati.

Gejala Hipotensi

Orang dengan hipotensi mungkin mengalami gejala yang tidak menyenangkan ketika tekanan darah mereka turun di bawah 90/60. Gejala hipotensi dapat mencakup:

  • Kelelahan
  • Ringan
  • Pusing
  • Mual
  • Kulit lembab
  • Depresi
  • Hilang kesadaran
  • Pandangan yang kabur

Gejala dapat berkisar tergantung tingkat keparahan. Beberapa orang mungkin merasakan tidak nyaman, sementara yang lain mungkin merasa sangat sakit.

Pengobatan Untuk Tekanan Darah Rendah

Pengobatan Anda akan tergantung pada penyebab yang mendasari hipotensi Anda. Pengobatan bisa termasuk obat untuk penyakit jantung, diabetes, atau infeksi.

Minum banyak air untuk menghindari hipotensi karena dehidrasi, terutama jika Anda muntah atau diare dan juga konsumsi pepes ikan.

Tetap terhidrasi juga dapat membantu mengobati dan mencegah gejala hipotensi dimediasi neural. Jika Anda menderita tekanan darah rendah ketika berdiri untuk waktu yang lama, pastikan untuk mengambil istirahat untuk duduk. Dan mencoba untuk mengurangi tingkat stres Anda untuk menghindari trauma emosional.

Perlakukan hipotensi ortostatik secara lambat, bergerak secara bertahap. Alih-alih berdiri cepat, lakukan dengan cara posisi duduk atau berdiri anda menggunakan gerakan kecil. Anda juga dapat menghindari hipotensi ortostatik dengan tidak menyilangkan kaki Anda ketika Anda duduk.

Hipotensi akut adalah bentuk paling serius dari kondisi tersebut. hipotensi akut harus segera diobati. Tim medis akan memberikan cairan dan mungkin darah untuk meningkatkan tekanan darah dan menstabilkan tanda-tanda vital Anda.

Kebanyakan orang dapat mengelola dan mencegah hipotensi secara efektif dengan memahami kondisi dan mempelajari tentang hal itu.

Pelajari pemicu Anda dan mencoba untuk menghindari mereka sebaik mungkin. Dan jika Anda mengkonsumsi obat, lakukan sesuai petunjuk untuk meningkatkan tekanan darah Anda dan untuk menghindari komplikasi yang berpotensi membahayakan.

Dan ingat, yang paling baik adalah untuk memberitahu dokter Anda jika Anda prihatin tentang tingkat tekanan darah Anda dan gejala yang mungkin Anda miliki.

Mengenal Apa Itu Hipertensi

13 February, 2017

undefined

Gejala Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Hipertensi atau Tekanan darah tinggi sering dikaitkan dengan sedikit atau tanpa gejala. Banyak orang memilikinya selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya.

Namun, hanya karena tekanan darah tinggi sering tanpa gejala tidak berarti itu tidak berbahaya. Bahkan, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, atau hipertensi, menyebabkan kerusakan pada arteri Anda.

Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Beberapa Fakta Tentang Tekanan Darah Tinggi

  • Tekanan darah tinggi umumnya merupakan kondisi kronis dan sering dikaitkan dengan sedikit atau tanpa gejala.
  • Ketika gejala memang terjadi, biasanya ketika tekanan darah secara tiba-tiba terjadi, sangat cukup untuk dianggap sebagai darurat medis.
  • Gejala yang jarang terjadi termasuk pusing, sakit kepala, dan mimisan.

Tekanan darah tinggi umumnya merupakan kondisi kronis. Ada dua kategori utama dari tekanan darah tinggi (hipertensi):

  • Hipertensi sekunder adalah tekanan darah tinggi yang merupakan akibat langsung dari kondisi kesehatan yang terpisah.
  • Hipertensi primer (atau hipertensi esensial) adalah tekanan darah tinggi yang tidak menghasilkan dari penyebab tertentu, tetapi sebaliknya, berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu. Banyak kasus seperti ini dihubungkan dengan faktor keturunan.

Biasanya, satu-satunya cara untuk mengetahui Anda memiliki itu adalah dengan pengujian tekanan darah.

Gejala Hipertensi Yang Jarang Terjadi

Gejala yang jarang terjadi pada orang dengan tekanan darah tinggi kronis, meliputi:

  • Sakit kepala atau nyeri tumpul
  • Sering pusing
  • Sering mimisan

Gejala Tekanan Darah Tinggi Darurat

Ketika gejala memang terjadi, biasanya hanya ketika tekanan darah secara tiba-tiba dan sangat cukup untuk dianggap sebagai darurat medis. Ini disebut krisis hipertensi.

Krisis hipertensi (biasanya karena tekanan darah tinggi sekunder) didefinisikan sebagai tekanan darah dari 180 atau di atas untuk tekanan sistolik (angka pertama) atau 110 atau di atas untuk tekanan diastolik (angka kedua).

Jika Anda memeriksa tekanan darah Anda sendiri dan mendapatkan pembacaan yang tinggi, tunggu beberapa menit dan kemudian periksa lagi untuk memastikan pembacaan pertama adalah akurat. Gejala lain dari krisis hipertensi dapat mencakup:

  • Sakit kepala parah
  • Rasa Cemas berat
  • Sesak napas
  • Mimisan

Setelah menunggu beberapa menit, jika pembacaan tekanan darah kedua Anda masih 180 atau di atas, jangan menunggu untuk melihat apakah tekanan darah Anda turun sendiri. Segera mencari pertolongan untuk kondisi anda

Krisis hipertensi darurat dapat mengakibatkan komplikasi parah, termasuk cairan di paru-paru, pembengkakan otak atau perdarahan, robekan pada arteri utama jantung, stroke, atau kejang pada wanita hamil dengan eklampsia.

Tekanan Darah Tinggi Selama Kehamilan

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat terjadi selama kehamilan. Penyebabnya bisa menjadi sejumlah faktor, termasuk:

  • Kegemukan
  • Tidak aktif bergerak
  • Merokok dan alkohol
  • Riwayat keluarga masalah ginjal atau hipertensi
  • Ivf dan bantuan terkait kehamilan lainnya
  • Berumur lebih dari 40 tahun
  • Membawa lebih dari satu anak (misalnya, kembar)
  • Kehamilan pertama kali

Jika tekanan darah tinggi terus terjadi setelah 20 minggu kehamilan, komplikasi seperti preeklamsia mungkin dapat terjadi. Preeklampsia dapat menyebabkan kerusakan pada organ dan otak, yang dapat membawa pada kejang fatal.

Gejala ini ditandai dengan protein dalam sampel urin, sakit kepala konstan, dan pembengkakan yang berlebihan dari tangan dan kaki.

Hipertensi selama kehamilan dapat menyebabkan bayi yang akan lahir prematur, terlepas dari plasenta, atau memerlukan sesar. Dalam kebanyakan kasus, tekanan darah akan kembali normal setelah melahirkan.

Apa Itu Rabun Jauh?

12 February, 2017

undefined

Rabun jauh adalah suatu kondisi mata tidak dapat melihat dengan jelas atau terlihat kabur objek yang jauh, tetapi terlihat jelas untuk objek yang dekat. Dalam istilah medis, rabun jauh dikenal dengan istilah Miopia.

Setiap penderita memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Pada umumnya penderita rabun jauh ringan tidak membutuhkan penanganan khusus. Untuk penderita rabun jauh dengan tingkat keparahan tinggi atau parah penanganan khusus dan seksama sangat diperlukan karena mempengaruhi kemampuan melihat.

Gejala-Gejala Rabun Jauh

Gejala rabun jauh bisa dialami oleh siapa saja dari segala usia. Tetapi kondisi ini biasanya mulai dirasakan oleh penderita sejak pada masa kanak-kanak sampai usia sekolah. Berikut adalah beberapa gejala-gejala rabun jauh secara umum.

  • Ketika melihat objek yang jauh akan terlihat kabur sehingga sering untuk menyipitkan mata. Misalnya kesulitan ketika melihat huruf pada papan tulis di kelas.
  • Mata bekerja secara berlebihan sehingga dapat membuat sakit kepala.
  • Frekuensi mengedipkan mata berlebihan.
  • Sering tidak menyadari keberadaan suatu objek yang jauh.
  • Sering menggosok mata.

Gejala tersebut secara perlahan akan semakin parah seiring dengan bertambahnya umur dan perkembangan mata. Seperti pada lansia, penurunan kemampuan mata umumnya berhubungan dengan timbulnya katarak pada lensa mata.

Penurunan kemampuan penglihatan secara signifikan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi mata ke dokter ahli mata.

Tingkat Keparahan Rabun Jauh

Rabun jauh dibagi menjadi 3 kategori, antara lain rabun jauh ringan, menengah, dan berat. Pengelompokan kategori ini ditentukan berdasarkan dioptri (D) pasien. Dioptri merupakan unit pengukuran yang digunakan oleh ahli medis untuk mengukur tingkat keparahan rabun jauh seseorang.

Penderita rabun jauh ringan biasanya hanya membutuhkan kacamata untuk dapat melakukan aktivitas tertentu, seperti aktivitas belajar, menonton televisi maupun mengemudi. Dikategorikan rabun jauh ringan jika berukuran -0.5D hingga -3D.

Untuk kategori rabun jauh tingkat menengah jika dioptri berukuran -3D hingga -6D. Dalam kondisi ini Anda disarankan untuk selalu menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Rabun jauh parah, yaitu jika berukuran lebih dari -6D. Pada kondisi ini penderita hanya dapat melihat objek dengan jelas jika penderita memegangnya atau sangat dekat dengan mata dan tanpa menggunakan kacamata.

Penyebab dan Faktor Pemicu Rabun Jauh

undefinedDalam keadaan normal, lensa mata atau kornea memiliki bentuk dan permukaan yang mulus, sehingga bias cahaya yang masuk dapat terpusat pada retina. Kerusakan refraktif mata adalah penyebab utama penyakit rabun jauh.

Kondisi ini dapat terjadi jika cahaya yang masuk ke mata terfokus di depan retina dan tidak tepat pada retina. Hal ini yang menjadi penyebab pandangan menjadi kabur.

Penyebab terjadinya kerusakan tersebut masih belum diketahui secara pasti. Para ahli menduga kondisi ini dipicu oleh faktor keturunan dan pengaruh lingkungan.

Anak-anak dengan orang tua memiliki riwayat rabun jauh berisiko 30 persen lebih tinggi terkena rabun jauh. Sedangkan pengaruh lingkungan sangat berperan penting, seperti menonton televisi, terlalu sering membaca atau menggunakan komputer yang berlebihan.

Proses Diagnosis Rabun Jauh

Diagnosis secara umum dengan melalui pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata atau ahli kacamata. Dalam proses ini Anda akan diminta untuk membaca setiap huruf atau angka dengan ukuran yang berbeda-beda pada tabel dari jarak yang telah ditentukan.

Penderita rabun jauh disarankan melakukan pemeriksaan mata secara rutin agar perkembangan kondisinya dapat dipantau. Frekuensi pemeriksaan mata yang baik adalah satu kali tiap dua tahun.

Pencegahan Perkembangan Rabun Jauh

Rabun jauh tidak dapat dicegah sepenuhnya. Meskipun demikian, ada beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk melindungi mata antara lain:

  • Melindungi mata dari pengaruh sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam ketika bepergian pada siang hari.
  • Pemeriksaan mata secara rutin.
  • Menggunakan kacamata dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan kondisi mata.
  • Mengetahui gejala-gejala rabun jauh dengan seksama.
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok dan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran (khususnya yang kaya akan vitamin A).
  • Mengontrol penyakit kronis yang diderita, terutama penyakit diabetes dan hipertensi.
Home