undefined

Ketika libur sekaolah telah tiba, biasanya dimanfaatkan oleh para pelajar untuk bepergian. Namun banyak pula dari mereka yang memanfaatkannya untuk menjalankan ritual khitan atau sunat.lalu bagaimana tips untuk menyembuhkan luka setelah sunat laser?

Mengapa mereka mengambil waktu saat libur sekolah tiba? Hal itu dikarenakan agar saat kembali ke sekolah mereka sudah dalam keadaan selesai di khitan serta sudah sembuh total sehingga dapat bermain dan beraktifitas seperti biasanya.

Terdapat beberapa mitos yang beredar di masyarakat bahwa jika setelah melakukan sunat atau khitan, maka supaya memakan tahu dan tempe saja, mitos tersebut sudah berlangsung sejak lama bahkan pada era sekarang ini ada beberapa orang tua yang masih percaya dengan mitos-mitos tersebut seperti terhindar dari penyakit raja singa.

Menurut penelitian, anak-anak yang telah melakukan khitan atau sunat tidak ada pantangan untuk mengkonsumsi makanan tertentu, selama makanan tersebut bergizi serta mengandung banyak protein, maka akan sangat bagus untuk proses penyembuhan luka setelah khitan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyembuhkan luka setelah sunat:

Menjaga kelamin dari segala sentuhan

Dikarenakan kondisi kelamin yang masih luka, sebaiknya Anda menggunakan penutup kain yang lebar seperti sarung atau kain jenis yang lain. Anda dapat juga melindungi kelamin Anda dengan cara menggunakan botol bekas air mineral yang telah dipotong ujungnya, sehingga membuat lubang bagian kanan dan kirinya pada saat kunjungan klinik, setelah itu masukkan kemaluan pada salah satu lubang botol, kemudian bagian yang menempel pada badan direkatkan menggunakan solasi atau perekat lain yang aman sehingga melindungi kelamin Anda dari segala gesekan.

Mengatur pola makan

Bagi anak yang telah melakukan sunat atau khitan tidak ada pantangan untuk makanan yang harus dikonsumsi, namun dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein untuk membantu proses penyembuhan luka.

Tidak perlu berlebihan

Saat menunggu proses penyembuha setelah sunat, Anda tidak perlu mengambil sikap yang terlalu berlebihan dengan membeli obat yang terlalu banyak, sebab dengan obat yang telah diberikan oleh dokter sudah cukup.

Jangan terlalu aktif bergerak

Bagi Anda yang baru saja sunat atau khitan, alangkah baiknya jangan terlalu banyak bergerak untuk menghindari bengkak akibat benturan yang terjadi antara penis dengan daerah sekitar penis.

Kontrol selalu kelamin yang telah disunat dan agar jangan diperban

Alat kelamin yang disunat alangkah baiknya selalu diperhatikan dan dikontrol kebersihannya. Dianjurkan untuk tidak dilakukannya perban pada alat kelamin yang telah di sunat agar mendapatkan udara yang lebih banyak sehingga luka dapat lebih cepat mengering

Bersihkan daerah sekitar alat kelamin

Pada umumnya setelah di sunat, pada alat kelamin terdapat banyak darah kering atau kotoran lain yang masih menempel pada daerah sekitar kelamin. Bersihkanlah secara hati-hati, jangan sampai menyentuh alat kelamin Anda. Selalu gunakan kain halus serta sedikit air untuk membersihkannya.

Itulah beberapa tips untuk menyembuhkan luka setelah sunat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat membaca.